BAB
1. PENDAHULUAN
1.1.
Latar
Belakang
1.1.1. Nama
dan Alamat Pemilik
1. Nama :
Moch Nuur Afrian
Alamat : Tanah
Abang, Jakarta Pusat
2.
Nama : Elvira Virgonita
Alamat : Galur,
Jakarta Pusat
3.
Nama : Susi Apriani
Alamat : Pejuang,
Bekasi
Dalam
suatu pemasaran banyak sekali bentuk dan macam-macam aneka ragam makanan dari
yang kecil hingga yang besar dan dari yang murah hingga yang mahal.
Dalam kebutuhan sehari-hari banyak
sekali aktivitas yang dijalani setiap orang. Dengan aktivitas yang semakin
padat, membuat banyak orang membutuhkan asupan makanan tambahan yang bermanfaat
untuk kesehatan tubuh. Makanan-makanan yang tersedia dipasaran saat ini memang
sudah beragam.
Salah satu makanan tradisional yang
cukup sederhana, sangat cocok menjadi makanan konsumsi untuk malam hari, dan
sekaligus merupakan makanan yang juga cukup istimewa adalah “Martabak Rasa
Buah”.
Dengan pembuatan Martabak Rasa Buah
yang dilakukan dengan cara yang sangat sederhana, tetapi lebih higienis, serta
akan dijual dengan harga yang sangat terjangkau, maka tentunya hal ini akan
menarik minat masyarakat untuk membelinya.
Keberadaan Martabak Rasa Buah
sebagai salah satu makanan dengan rasa yang enak, nikmat, dan juga lezat.
Sehingga usaha ini memang layak dikembangkan menjadi salah satu usaha kuliner alternatif
di Indonesia.
Dengan hal tersebut, maka saya ingin
membuat usaha makanan, yaitu usaha “Martabak Rasa Buah” untuk dikembangkan
menjadi usaha yang besar agar masyarakat tidak akan pernah lupa dengan masakan
khas Indonesia tersebut.
BAB II. ANALISIS USAHA
2.1. Perspektif masa depan usaha
Masa depan yang
kami inginkan adalah usaha ini dapat berkembang
sesuai dengan harapan kami. Kami berharap bisnis kita ini dapat
mempunyai beberapa cabang dan pendapatan kita miliki dapat bertambah dan kita
juga dapat memberikan kesempatan kerja untuk orang-orang yang belum mendapatkan
pekerjaan.
2.2.
Analisis persaingan
Persaingan yang
kami lihat disini sudah banyak orang yang membuka usaha ini. Semua itu bukan
suatu halangan bagi kami untuk memulai usaha ini. Kami siap menerima semua
resiko apapun yang akan terjadi kami pasti akan terima resikonya. Kami sudah
mempunyai strategi khusus untuk membuka usaha ini. Kami siap bersaing dalam
dunia bisnis.
2.3.
Segmentasi pasar yang akan dimasuki
Untuk memulai
usaha ini kami menjual terlebih dahulu kedalam lingkungan sekitar dan
warung-warung. Selain itu kami juga menyediakan pesanan sesuai dengan pesanan
dan kami siap untuk mengrimkan pesanan tersebut.
2.4. Ramalan
produk yang dihasilkan
Menurut kami
produk yang kami hasilkan pasti akan bisa menembus semua kalangan masyarakat
sehingga dapat menghasilkan martabak yang enak,lezat dan berkualitas. Selain
itu harganya juga cukup terjangkau untuk semua masyarakat.
BAB
III.
DESKRIPSI USAHA
3.1. Produk yang dihasilkan
Macam-macam martabak mini rasa buah yang akan
kami produksi antara lain :
Ø Martabak
mini rasa buah pisang
Ø Martabak
mini rasa buah mangga
Ø Martabak
mini rasa buah kismis
Ø Martabak
mini rasa buah kiwi
Ø Martabak
mini rasa buah strawbery
3.2. Jasa Pelayanan
Pelayanan
yang akan kami lakukan dalam usaha kami ini adalah pelayanan secara
langsung dan prima kepada para
pelanggan-pelanggan kami, dan kami juga melakukan jasa antar kepada pelanggan
yang meminta pesanan untuk diantar ke alamat pemesan.
3.3. Ruang Lingkup Usaha
Usaha
yang akan kami jalani ini masuk dalam ruang lingkup usaha pembuatan martabak
mini. Martabak mini yang akan kami pasarkan nantinya berupa martabak mini rasa
buah.
3.4. Personalia dan Perlengkapan
Kantor
Personalia
:
-
Moch. Noor Afrian
-
Elvira
Virgonita
-
Susi
Apriani
Perlengkapan
Kantor :
1.
|
Gerobak
|
2.
|
Bangku
|
3.
|
Cetakan Martabak Mini
|
4.
|
Mixer
|
5.
|
Wadah/Tempat
|
6.
|
Kompor gas
|
7.
|
Gas
|
8.
|
Pisau
|
9.
|
Talenan
|
10.
|
Baskom
|
3.5. Latar Belakang Identitas
Pengusaha
NO
|
NAMA
|
UMUR
|
ALAMAT
|
1
|
ELVIRA
VIRGONITA
|
21
|
GALUR
|
2
|
SUSI
APRIANI
|
19
|
BEKASI
|
3
|
MOCH. NOOR AFRIAN
|
21
|
Tn. ABANG
|
BAB IV.
RENCANA PRODUKSI
4.1. Proses Produksi
Produksi
martabak mini kami masih menggunakan alat-alat tradisional. Dalam proses
produksi memiliki beberapa tahap diantaranya pengadaan bahan, pembuatan, dan
pengepakan. Dan dalam proses produksi ini dilakukan oleh orang-orang yang
berkompetensi. Kualitas bahan juga sangat diperlukan untuk proses pembuatan
martabak mini kami, sehingga pelaggan akan merasa puas dengan hasil produksi
kami.
4.2. Keadaan Gedung &
Perlengkapan
·
Keadaan Gedung
Gedung
kami berbentuk home industri, yaitu diantaranya ruang produksi, ruang
pengepakan dan ruang administrasi. Ruang produksi kami dapat digunakan dari
pemilihan bahan sampai martabak siap di kemas.
·
Keadaan Perlengkapan
Perlengkapan
yang kami miliki masih menggunakan alat-alat tradisional.
4.3.
Keadaan Mesin dan Perlengkapan
Keadaan mesin dan
perlengkapan dalam usaha kami masih menggunakan mesin dan perlengkapan
tradisonal. Keadaan alat dan perlengkapannya pun masih cukup bagus untuk digunakan.
4.4. Sumber-sumber Bahan Baku
Bahan
baku yang kami miliki sebagian besar kami membeli secara langsung, namun ada
beberapa bahan yang kami berlangganan seperti terigu, telur, buah, dan dus
martabak kami.
BAB
V. RENCANA PEMASARAN
5.1. Penetapan Harga
Dengan
penetapan harga untuk penjualan produk kami yaitu aneka martabak mini rasa buah
adalah:
Nama Bahan
|
Kebutuhan
|
Harga satuan
|
Total
|
Terigu
|
30kg
|
10.000/kg
|
300.000
|
Gula
pasir
|
10kg
|
8.000/kg
|
80.000
|
Telur
|
10 kg
|
20.000/kg
|
200.000
|
Margarin
|
10 kg
|
18.000/kg
|
180.000
|
Susu
|
20 kaleng
|
10.000/kaleng
|
200.000
|
Ragi
|
5pcs
|
10.000/pcs
|
50.000
|
Garam
|
4pcs
|
5.000/pcs
|
20.000
|
Vanili
|
1pcs
|
5.000/pcs
|
5.000
|
Air
|
5gallon
|
3.000/galon
|
15.000
|
Soda
kue
|
2pcs
|
15.000/pcs
|
30.000
|
Kemasan box
|
100 pcs
|
1.000/pcs
|
100.000
|
Cetakan
|
1unit
|
150.000/unit
|
150.000
|
Sodet kape
|
2unit
|
10.000/unit
|
20.000
|
Pisau
|
2unit
|
20.000/unit
|
40.000
|
Talenan besar
|
1unit
|
30.000/unit
|
30.000
|
Gerobak
|
1unit
|
2.000.000/unit
|
2.000.000
|
Buah-buahan
|
All
|
500.000
|
500.000
|
Total
|
|
|
3.920.000
|
5.2. Pelaksanaan Distribusi
Pendistribusian
produk kami yaitu penjualan produk martabak mini rasa buah akan dilakukan 2
cara dalam memajukan produk kami yaitu :
1. Penjualan
dengan Sistem Pesanan
Untuk retribusi ini akan dilakukan
penjualan dengan melayani pesanan dari para
pelanggan dan akan di promosikan melalui iklan.
2. Penjualan
dengan Sistem Online
Pendistribusian ini akan dilakukan dengan cara
menggunakan layanan internet, yang akan di program dan dilakukan pelayanan
pemesanan secara online.
5.3. Promosi yang dilakukan
Untuk
meningkatkan pemasukan dan kemajuan produk kami ini maka kami akan melakukan
promosi antara lain :
-
Promosi melalui iklan di internet
-
Promosi melalui brosur
5.4. Pengembangan Produk
Dalam
hal ini untuk mengembangkan produk yang ada akan kami lakukan hal-hal sebagai
berikut :
-
Meningkatkan kualitas produk
-
Memperluas jaringan usaha dengan
berbagai agen
-
Penyeluruhan penjualan produk
BAB
VI. PERENCANAAN ORGANISASI
6.1.
Informasi partner
Kami merencanakan mempunyai partner kerja
dari lingkungan masyarakat sekitar,
selain itu kami juga akan bekerjasama dengan agen-agen daerah pasar & toko- toko kue.
6.2.
Uraian Tentang Kekuasaan
Ø Ketua
: Moch, Noor Afrian
Ø Bendahara : Susi Apriani
Ø Penanggung
jawab : Elvira Virgonita
6.3.
Latar Belakang Anggota
No
|
Nama
|
Pendidikan
|
1
|
Moch. Noor Afrian
|
D3
|
2
|
Elvira
Virgonita
|
D3
|
3
|
Susi
Apriani
|
D3
|
6.4. Uraian Tentang Kekuasaan
Dalam Usaha
kami hanya ada beberapa bagian kekuasaan diantaranya ketua,administrasi, dan bagian penanggung jawab pemasaran dan
peralatan. Dimana usaha yang sedang
kami jalani ini masih tergolong usaha kecil jadi kami hanya mempunyai beberapa bagian kekuasan
tersebut.
6.5. Latar Belakang Anggota Tim
Manajemen
Dalam suatu
usaha pasti ada tim anggota manajemen dari sekumpulan anggota organisasi yang dikoordinasikan oleh ketua
organisasi. Pada umumnya tim kerja dibentuk
sebagai suatu kebutuhan organisasi usaha kami agar tujuan usaha kami ini dapat tercapai. Dengan tim kerja
diharapkan fungsi kontrol akan berjalan lebih efektif dan efesien. Konflik-konflik atau devisiasi kerja bisa ditekan bisa
seminim mungkin.mekanisme
dengan kemitraan pun dapat berjalan intensif.
Ketangguhan
sebuah tim kerja dicirikan oleh orang-orang terpilih yang menduduki posisi manajemen terntu dan
mampu menjalankan tugas sesuai dengan keahliannya.
Keberhasilan tim merupakan akumulasi dari proses dan kinerja setiap anggota organisasi.Semakin
tinggi kekuataan sinergitas diantara anggota dan ketua organisasi usaha semakin tinggi kekuatan sebuah tim untuk
menuju kesuksesan usaha.
Beberapa ciri yang
mencerminkan terdapatnya ketangguhan sebuah tim kerja meliputi:
Ø Kesamaan
visi dan misi.
Ø Prioritas
perhatian dan tindakan pada sesuatu yang terbaik untuk tim manajemen.
Ø Anggota
tim manajemen berkomitmen tinggi pada pekerjaan.
Ø Anggota
tim manajemen dapat hidup berdampingan dalam keragaman.
6.6. Peranan dan Tanggung Jawab
Personalia dalam Organisasi
Ø
Ketua :
Bertanggung jawab terhadap perusahaan ini.
Ø
Bendahara : Mengatur pemasukan dan pengluaran usaha kami.
Ø
Bagian pemasaran : Memasarkan dan menawarkan produk kepada masyarakat.
Ø
Bagian P. Jawab alat : Bertanggung jawab dan memeriksa alat-alat perlengkapan pembuatan martabak.
BAB VII. RESIKO
7.1. Evaluasi Tentang Kelemahan
Bisnis
Kelemahan pada usaha kami ini adalah jika usaha yang kami jalani ini belum banyak
peminat/pelanggan nya dan kami membuat adonan martabak ini terlalu banyak. Maka
akan banyak adonan yang tidak terpakai ini akan terbuang. Untuk itu, kami
mensiasatinya dengan membuat adonan sesuai kebutuhan pemesan saja. Jika habis
kami akan langsung buat adonan nya kembali ditempat usaha kami.
7.2. Gambaran Teknologi
Teknologi
yang kami gunakan antara lain :
Ø
Kompor Gas
Ø
Mixer
Ø
Cetakan
Ø
Kemasan
Ø Dan
Lain-lain
BAB VIII.
PERNCANAAN PERMODALAN NERACA PERMULAAN PERUSAHAAN
8.1. Proyeksi Aliran Kas
Kebutuhan
|
Harga/pcs
|
Adonan martabak
|
1.500
|
Margarin
|
500
|
Toping
|
1.500
|
Susu
|
500
|
Kemasan
|
1.000
|
Total
|
5.000/pcs
|
Harga jual
|
8.000/pcs
|
Keuntungan
|
3.000/pcs
|
Total
modal = peralatan dan bahan baku + biaya tak terduga
= 3.920.000 + 580.000
= 4.500.000
Diperkirakan
penjualan perhari 30 pcs.
Keuntungan/hari
= 3.000 x 30
= 90.000/hari
Keuntungan/bulan
= 90.000 x 30
= 2.700.000/bulan
8.2. Analisis titik impas
Titik
impas = total modal / keuntungan/hari
= 4.500.000 / 90.000
= 50 hari
8.3. Sumber-sumber permodalan
Sumber
modal didapat dari pembagian rata dari kepemilikan.
BAB IX.
APENDIX
9.1. Lampiran
0 komentar:
Posting Komentar