Download Anime Komik Bahasa Indonesia

Get paid to share your links!

WELCOME IN MY BLOG

Hello.......how are you, I felt happy to be introducing my blog with my latest posts. before reading my post, let's join with this blog. to appreciate the work of writer friends :)

ENTERPRENEURSHIP

BAB 1. PENDAHULUAN

1.1.         Latar Belakang
1.1.1.  Nama dan Alamat Pemilik
1.      Nama                     : Moch Nuur Afrian
Alamat                  : Tanah Abang, Jakarta Pusat
2.      Nama                     : Elvira Virgonita
Alamat                  : Galur, Jakarta Pusat
3.      Nama                     : Susi Apriani
Alamat                  : Pejuang, Bekasi
          Dalam suatu pemasaran banyak sekali bentuk dan macam-macam aneka ragam makanan dari yang kecil hingga yang besar dan dari yang murah hingga yang mahal.
            Dalam kebutuhan sehari-hari banyak sekali aktivitas yang dijalani setiap orang. Dengan aktivitas yang semakin padat, membuat banyak orang membutuhkan asupan makanan tambahan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Makanan-makanan yang tersedia dipasaran saat ini memang sudah beragam.
            Salah satu makanan tradisional yang cukup sederhana, sangat cocok menjadi makanan konsumsi untuk malam hari, dan sekaligus merupakan makanan yang juga cukup istimewa adalah “Martabak Rasa Buah”.
            Dengan pembuatan Martabak Rasa Buah yang dilakukan dengan cara yang sangat sederhana, tetapi lebih higienis, serta akan dijual dengan harga yang sangat terjangkau, maka tentunya hal ini akan menarik minat masyarakat untuk membelinya.
            Keberadaan Martabak Rasa Buah sebagai salah satu makanan dengan rasa yang enak, nikmat, dan juga lezat. Sehingga usaha ini memang layak dikembangkan menjadi salah satu usaha kuliner alternatif di Indonesia.
            Dengan hal tersebut, maka saya ingin membuat usaha makanan, yaitu usaha “Martabak Rasa Buah” untuk dikembangkan menjadi usaha yang besar agar masyarakat tidak akan pernah lupa dengan masakan khas Indonesia tersebut.



















BAB II. ANALISIS USAHA
2.1. Perspektif masa depan usaha
Masa depan yang kami inginkan adalah usaha ini dapat berkembang  sesuai dengan harapan kami. Kami berharap bisnis kita ini dapat mempunyai beberapa cabang dan pendapatan kita miliki dapat bertambah dan kita juga dapat memberikan kesempatan kerja untuk orang-orang yang belum mendapatkan pekerjaan.
2.2. Analisis persaingan
Persaingan yang kami lihat disini sudah banyak orang yang membuka usaha ini. Semua itu bukan suatu halangan bagi kami untuk memulai usaha ini. Kami siap menerima semua resiko apapun yang akan terjadi kami pasti akan terima resikonya. Kami sudah mempunyai strategi khusus untuk membuka usaha ini. Kami siap bersaing dalam dunia bisnis.
2.3. Segmentasi pasar yang akan dimasuki
Untuk memulai usaha ini kami menjual terlebih dahulu kedalam lingkungan sekitar dan warung-warung. Selain itu kami juga menyediakan pesanan sesuai dengan pesanan dan kami siap untuk mengrimkan pesanan tersebut.
2.4. Ramalan produk yang dihasilkan
Menurut kami produk yang kami hasilkan pasti akan bisa menembus semua kalangan masyarakat sehingga dapat menghasilkan martabak yang enak,lezat dan berkualitas. Selain itu harganya juga cukup terjangkau untuk semua masyarakat.

BAB III. DESKRIPSI USAHA
3.1. Produk yang dihasilkan
 Macam-macam martabak mini rasa buah yang akan kami produksi antara lain :
Ø  Martabak mini rasa buah pisang
Ø  Martabak mini rasa buah mangga
Ø  Martabak mini rasa buah kismis
Ø  Martabak mini rasa buah kiwi
Ø  Martabak mini rasa buah strawbery
3.2. Jasa Pelayanan
Pelayanan yang akan kami lakukan dalam usaha kami ini adalah pelayanan secara langsung  dan prima kepada para pelanggan-pelanggan kami, dan kami juga melakukan jasa antar kepada pelanggan yang meminta pesanan untuk diantar ke alamat pemesan.
3.3. Ruang Lingkup Usaha
Usaha yang akan kami jalani ini masuk dalam ruang lingkup usaha pembuatan martabak mini. Martabak mini yang akan kami pasarkan nantinya berupa martabak mini rasa buah.
3.4. Personalia dan Perlengkapan Kantor
Personalia :
-          Moch. Noor Afrian
-          Elvira Virgonita
-          Susi Apriani
Perlengkapan Kantor :
1.
Gerobak
2.
Bangku
3.
Cetakan Martabak Mini
4.
Mixer
5.
Wadah/Tempat
6.
Kompor gas
7.
Gas
8.
Pisau
9.
Talenan
10.
Baskom

3.5. Latar Belakang Identitas Pengusaha
           
NO
NAMA
UMUR
ALAMAT
1
ELVIRA VIRGONITA
21
GALUR
2
SUSI APRIANI
19
BEKASI
3
MOCH. NOOR AFRIAN
21
Tn. ABANG


BAB IV. RENCANA PRODUKSI
4.1. Proses Produksi
Produksi martabak mini kami masih menggunakan alat-alat tradisional. Dalam proses produksi memiliki beberapa tahap diantaranya pengadaan bahan, pembuatan, dan pengepakan. Dan dalam proses produksi ini dilakukan oleh orang-orang yang berkompetensi. Kualitas bahan juga sangat diperlukan untuk proses pembuatan martabak mini kami, sehingga pelaggan akan merasa puas dengan hasil produksi kami.
4.2. Keadaan Gedung & Perlengkapan
·           Keadaan Gedung
Gedung kami berbentuk home industri, yaitu diantaranya ruang produksi, ruang pengepakan dan ruang administrasi. Ruang produksi kami dapat digunakan dari pemilihan bahan sampai martabak siap di kemas.
·         Keadaan Perlengkapan
Perlengkapan yang kami miliki masih menggunakan alat-alat tradisional.
            4.3. Keadaan Mesin dan Perlengkapan
                        Keadaan mesin dan perlengkapan dalam usaha kami masih menggunakan mesin dan perlengkapan tradisonal. Keadaan alat dan perlengkapannya pun masih cukup bagus untuk digunakan.

4.4. Sumber-sumber Bahan Baku
Bahan baku yang kami miliki sebagian besar kami membeli secara langsung, namun ada beberapa bahan yang kami berlangganan seperti terigu, telur, buah, dan dus martabak kami.











BAB V. RENCANA PEMASARAN
5.1. Penetapan Harga
Dengan penetapan harga untuk penjualan produk kami yaitu aneka martabak mini rasa buah adalah:
Nama Bahan
Kebutuhan
Harga satuan
Total
Terigu
30kg
10.000/kg
300.000
Gula pasir
10kg
8.000/kg
80.000
Telur
10 kg
20.000/kg
200.000
Margarin
10 kg
18.000/kg
180.000
Susu
20 kaleng
10.000/kaleng
200.000
Ragi
5pcs
10.000/pcs
50.000
Garam
4pcs
5.000/pcs
20.000
Vanili
1pcs
5.000/pcs
5.000
Air
5gallon
3.000/galon
15.000
Soda kue
2pcs
15.000/pcs
30.000
Kemasan box
100 pcs
1.000/pcs
100.000
Cetakan
1unit
150.000/unit
150.000
Sodet kape
2unit
10.000/unit
20.000
Pisau
2unit
20.000/unit
40.000
Talenan besar
1unit
30.000/unit
30.000
Gerobak
1unit
2.000.000/unit
2.000.000
Buah-buahan
All
500.000
500.000
Total


3.920.000

5.2. Pelaksanaan Distribusi
Pendistribusian produk kami yaitu penjualan produk martabak mini rasa buah akan dilakukan 2 cara dalam memajukan produk kami yaitu :
1.      Penjualan dengan Sistem Pesanan
Untuk retribusi ini akan dilakukan penjualan dengan melayani pesanan dari para  pelanggan dan akan di promosikan melalui iklan.
2.      Penjualan dengan Sistem Online
Pendistribusian ini akan dilakukan dengan cara menggunakan layanan internet, yang akan di program dan dilakukan pelayanan pemesanan secara online.
5.3. Promosi yang dilakukan
Untuk meningkatkan pemasukan dan kemajuan produk kami ini maka kami akan melakukan promosi antara lain :
-          Promosi melalui iklan di internet
-          Promosi melalui brosur
5.4. Pengembangan Produk
Dalam hal ini untuk mengembangkan produk yang ada akan kami lakukan hal-hal sebagai berikut :
-          Meningkatkan kualitas produk
-          Memperluas jaringan usaha dengan berbagai agen
-          Penyeluruhan penjualan produk

BAB VI. PERENCANAAN ORGANISASI
            6.1. Informasi partner
                        Kami merencanakan mempunyai partner kerja dari lingkungan masyarakat sekitar, selain itu kami juga akan bekerjasama dengan agen-agen daerah pasar & toko-        toko kue.
            6.2. Uraian Tentang Kekuasaan
Ø  Ketua                          :  Moch, Noor Afrian
Ø  Bendahara                   :  Susi Apriani
Ø  Penanggung jawab      :  Elvira Virgonita
            6.3. Latar Belakang Anggota
No
Nama
Pendidikan
1
Moch. Noor Afrian
D3
2
Elvira Virgonita
D3
3
Susi Apriani
D3
                       




6.4. Uraian Tentang Kekuasaan
                                    Dalam Usaha kami hanya ada beberapa bagian kekuasaan diantaranya         ketua,administrasi, dan bagian penanggung jawab pemasaran dan peralatan. Dimana     usaha yang sedang kami jalani ini masih tergolong usaha kecil jadi kami hanya            mempunyai beberapa bagian kekuasan tersebut.
            6.5. Latar Belakang Anggota Tim Manajemen
                                    Dalam suatu usaha pasti ada tim anggota manajemen dari sekumpulan anggota       organisasi yang dikoordinasikan oleh ketua organisasi. Pada umumnya tim kerja          dibentuk sebagai suatu kebutuhan organisasi usaha kami agar tujuan usaha kami ini       dapat tercapai. Dengan tim kerja diharapkan fungsi kontrol akan berjalan lebih efektif   dan efesien. Konflik-konflik atau devisiasi kerja bisa ditekan bisa seminim             mungkin.mekanisme dengan kemitraan pun dapat berjalan intensif.
                                    Ketangguhan sebuah tim kerja dicirikan oleh orang-orang terpilih yang        menduduki posisi manajemen terntu dan mampu menjalankan tugas sesuai dengan      keahliannya. Keberhasilan tim merupakan akumulasi dari proses dan kinerja setiap                     anggota organisasi.Semakin tinggi kekuataan sinergitas diantara anggota dan ketua       organisasi usaha semakin tinggi kekuatan sebuah tim untuk menuju kesuksesan usaha.
                        Beberapa ciri yang mencerminkan terdapatnya ketangguhan sebuah tim kerja          meliputi:
Ø  Kesamaan visi dan misi.
Ø  Prioritas perhatian dan tindakan pada sesuatu yang terbaik untuk tim manajemen.
Ø  Anggota tim manajemen berkomitmen tinggi pada pekerjaan.
Ø  Anggota tim manajemen dapat hidup berdampingan dalam keragaman.
            6.6. Peranan dan Tanggung Jawab Personalia dalam Organisasi
Ø  Ketua                          : Bertanggung jawab terhadap perusahaan ini.
Ø  Bendahara                   : Mengatur pemasukan dan pengluaran usaha                                      kami.
Ø  Bagian pemasaran       : Memasarkan dan menawarkan produk kepada                                   masyarakat.
Ø  Bagian P. Jawab alat   : Bertanggung jawab dan memeriksa alat-alat                                      perlengkapan pembuatan martabak.




BAB VII. RESIKO
            7.1. Evaluasi Tentang Kelemahan Bisnis
Kelemahan pada usaha kami ini adalah jika usaha yang kami jalani ini belum banyak peminat/pelanggan nya dan kami membuat adonan martabak ini terlalu banyak. Maka akan banyak adonan yang tidak terpakai ini akan terbuang. Untuk itu, kami mensiasatinya dengan membuat adonan sesuai kebutuhan pemesan saja. Jika habis kami akan langsung buat adonan nya kembali ditempat usaha kami.
            7.2. Gambaran Teknologi
                                    Teknologi yang kami gunakan antara lain :
Ø  Kompor Gas
Ø  Mixer
Ø  Cetakan
Ø  Kemasan
Ø  Dan Lain-lain


BAB VIII. PERNCANAAN PERMODALAN NERACA PERMULAAN PERUSAHAAN
            8.1. Proyeksi Aliran Kas
Kebutuhan
Harga/pcs
Adonan martabak
1.500
Margarin
500
Toping
1.500
Susu
500
Kemasan
1.000
Total
5.000/pcs
Harga jual
8.000/pcs
Keuntungan
3.000/pcs
                                   










Total modal = peralatan dan bahan baku + biaya tak terduga
                                        = 3.920.000 + 580.000
                         = 4.500.000
Diperkirakan penjualan perhari 30 pcs.
Keuntungan/hari = 3.000 x 30
                                      = 90.000/hari
Keuntungan/bulan = 90.000 x 30
                                      = 2.700.000/bulan
8.2. Analisis titik impas
Titik impas = total modal /  keuntungan/hari
                   = 4.500.000 / 90.000
                   = 50 hari

8.3. Sumber-sumber permodalan
            Sumber modal didapat dari pembagian rata dari kepemilikan.












BAB IX. APENDIX
9.1. Lampiran


            

0 komentar:

Posting Komentar

 

Get paid to share your links!